MAHASISWA DAN LULUSAN
- A. Mahasiswa
a) Sistem Rekrutmen dan Seleksi Calon Mahasiswa
Sistem rekrutmen calon mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam dilakukan dengan cara all out promotion yaitu promosi yang melibatkan semua civitas akademika, diantaranya melibatkan pimpinan, dosen, karyawan dan mahasiswa. Secara sentral rekrutmen dilakukan oleh rektorat di bawah koordinasi Wakil Rektor II Bidang Kemahasiswaan & Kepegawaian. Seleksi mahasiswa baru dilakukan dengan cara tes tertulis. Untuk menarik calon mahasiswa, dilakukan sosialisasi Program Studi dan promosi secara terus-menerus melalui media cetak, liflet, brosur, iklan di surat kabar, elektronik, internet, spanduk serta secara tidak langsung melalui kegiatan kemahasiswaan, kegiatan pengabdian masyarakat, pemberian beasiswa, kerjasama dengan Aliyah dan SMU se-Cianjur dan sekitarnya. Rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa secara rutin dilakukan dengan mahasiswa dengan waktu sebagai berikut:
- Pendaftaran calon mahasiswa baru dibuka sejak bulan Maret sampai dengan bulan Agustus yang dilaksanakan di kampus UNSUR Cianjur.
- Persyaratan umum calon mahasiswa adalah pemilik ijazah Madrasah Aliyah atau SMA dan SMK sejenis dengan tidak dibatasi tahun ijazah.
- Seleksi dilaksanakan dua gelombang, dengan materi Pengetahuan Umum, Pengetahuan Agama dan Bahasa Inggris.
- Penerimaan mahasiswa didasarkan pada kelulusan hasil seleksi (di atas nilai 60) dengan mempertimbangkan daya tampung yang tersedia. Mereka yang dinyatakan lulus diminta mendaftar di Fakultas Agama Islam.
b) Profil Mahasiswa
1) Akademik
Secara umum profil Program Studi Manajemen Pendidikan Islam di bidang akademik memiliki prestasi sangat memuaskan. Hal ini dapat dilihat pada tabel 2 yang menunjukkan bahwa sebagian besar (77,24%) indeks prestasi akademik mahasiswa di atas 3,00, sedangkan sisanya 22,76% di bawah 2,75.
Prosentase Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Tahun Akademik 2011 – 2012
Tahun |
< 2,75 |
2,75 – 3,50 |
> 3,50 |
2008-2009 |
– |
4 |
5 |
2009-2010 |
– |
30 |
19 |
2010-2011 |
– |
18 |
9 |
2011-2012 |
– |
|
|
|
|
Adapun kondisi mahasiswa dapat dilihat seperti berikut dibawah ini:
Kondisi Mahasiswa
Tahun Akademik |
Daya Tampung |
Jumlah Calon Mahasiswa Reguler |
Jumlah Mahasiswa Baru |
Jumlah Total Mahasiswa |
Jumlah Lulusan
|
IPK Lulusan Reguler |
Persentase Lulusan Reguler dengan IPK : |
||||||||
Ikut Seleksi |
Lulus Seleksi |
Regular bukan Transfer |
Transfer(3) |
Reguler bukan Transfer |
Transfer(3) |
Reguler bukan Transfer |
Transfer(3) |
Min |
Rat |
Mak |
< 2,75 |
2,75-3,50 |
> 3,50 |
||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
(10) |
(11) |
(12) |
(13) |
(14) |
(15) |
(16) |
2008-2009 |
40 | 35 | 26 | 26 |
– |
9 |
– |
|
– |
– |
|
|
– |
|
|
2009-2010 |
80 | 80 | 49 | 49 |
– |
49 |
– |
|
– |
– |
|
|
– |
|
|
2010-2011 |
40 | 40 | 27 | 27 |
– |
27 |
– |
|
– |
– |
|
|
– |
|
|
2011-2012 |
40 | 33 | 24 | 24 |
– |
24 |
– |
|
– |
– |
|
|
– |
|
|
Jumlah |
200 | 148 | 89 | 89 |
|
109 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa jumlah mahasiswa yang masih aktif kuliah (tahun akademik 2011 s/d 2012) berjumlah 109 mahasiswa. Apabila jumlah dosen tetap mencapai 11 orang, maka rasio antara dosen dengan mahasiswa adalah ideal, yaitu 1: 10.
2) Sosial-Pendidikan
Profil golongan sosial-pendidiki mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam adalah masyarakat pendidiki menengah ke bawah. Adapun gambaran kondisi sosial-pendidiki mahasiswa dapat dilihat pada tabel berikut:
Latar Belakang Pendidiki Keluarga
Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Tahun Akademik 2011 – 2012
Latar Belakang Pendidiki Keluarga |
% |
Pedagang |
20 |
Guru |
18 |
Buruh |
10 |
Petani |
50 |
Lain-Lain |
2 |
Berdasarkan tabel di atas, tampak bahwa latar belakang pendidiki keluarga mahasiswa adalah pendidiki menengah. Hal ini dapat dilihat dari latar belakang profesi keluarga mahasiswa. Adapun kondisi tempat tinggal mahasiswa dapat dilihat pada tabel berikut:
Tempat Tinggal Mahasiswa
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Tahun Akademik 2011-2012
Tempat Tinggal |
% |
Cianjur |
70 % |
Bandung |
15 % |
Purwakarta, Sukabumi, Bogor |
15 % |
Jumlah |
100 % |
Berdasarkan tabel di atas, dapat dikemukakan bahwa tempat tinggal mahasiswa sebagian besar berada di wilayah Jawa barat (100 %), Memperhatikan hal tersebut, maka dapat dipahami bahwa tempat tinggal mahasiswa berada di wilayah Jabar yang mudah dijangkau dan diakses.
Profil mahasiswa dilihat dari asal sekolah tampak pada tabel berikut:
Asal Sekolah Mahasiswa Program Studi MPI
PRODI FAI Tahun 2009
No |
Asal Sekolah | % |
1. |
SMU, SMK, Aliyah, Negeri | 40 |
2. |
SMU, SMK, Aliyah Swasta | 55 |
3. |
Lain-lain | 5 |
Jumlah | 100 |
Berdasarkan tabel di atas dapat dikemukakan bahwa mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam berasal dari SMA, SMK, SMEA dan Aliyah Negeri sebesar 40%, sedangkan yang berasal dari SMU, SMK, Aliyah swasta lainnya berjumlah 55% dari Pondok-pesantren atau lainnya 5%. Secara umum profil mahasiswa dilihat dari aspek sosial-pendidiki sebagian besar berasal dari pendidiki menengah ke bawah dan berdomisili di Jawa Barat.
Kemandirian dan Kreatifitas
Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam aktif melakukan berbagai kegiatan yang dapat menunjang kemandirian dan kreatifitas. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kualitas proses akademik sebagai bentuk interaksi sosial dan lingkungan. Data kegiatan mahasiswa dapat dilihat pada tabel di bawah ini:
Kegiatan Mahasiswa 2008 – 2011
No. |
Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan |
Tingkat (Lokal, Regional, Nasional, atau Internasional) |
Prestasi yang Dicapai |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
1 |
Pelatihan Leadership (PKMTD) |
Lokal |
Pengembangan Diri |
2 |
Seminar Pendidikan |
Lokal |
Pengabdian Masyarakat |
3 |
Diskusi Pendidikan politik |
Lokal |
Pengabdian Masyarakat |
4 |
Pelatihan Siaga Bencana |
Lokal |
Pengembangan Diri |
5 |
Diklatsar Mahatala |
Lokal |
Pengembangan Diri |
6 |
Pengembangan Tilawatil Qur’an |
Lokal |
Pengembangan Diri |
7 |
Turnamen Futsal Mahasiswa |
Lokal |
Pengembangan Diri |
1). Keterlibatan Mahasiswa dalam Berbagai Komisi yang Relevan dengan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam aktif di berbagai organisasi intra dan ekstra. Dalam kegiatan intra di tingkat program studi mereka aktif di Himpunan Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam (HMJ-MPI) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM-KM UNSUR). Semua program kegiatan mahasiswa diselenggarakan dalam rangka menumbuhkembangkan sikap kepemimpinan dan kreativitas mahasiswa. Program kegiatan mahasiswa dapat dilihat pada tabel berikut :
Pencapaian Prestasi Atau Reputasi Mahasiswa Dalam Tiga Tahun Terakhir
Di Bidang Akademik Dan Non-Akademik
No |
Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan |
Tingkat (Lokal, Regional, Nasional, atau Internasional) |
Prestasi yang Dicapai |
1 | Pelatihan Leadership (PKMTD) |
Lokal |
Pengembangan Diri |
2 |
Seminar Pendidikan HIMAT |
Lokal |
Pengabdian Masyarakat |
3 |
Diskusi Pendidikan Politik HIMAT |
Lokal |
Pengabdian Masyarakat |
4 |
Pelatihan Siaga Bencana |
Lokal |
Pengembangan Diri |
5 |
Diklatsar Mahatala |
Lokal |
Pengembangan Diri |
6 |
Pengembangan Tilawatil Qur’an |
Lokal |
Pengembangan Diri |
7 |
Turnamen Futsal Mahasiswa |
Lokal |
Pengembangan Diri |
8 |
Pelatihan Leadership (PKMTD) |
Lokal |
Pengembangan Diri |
2). Kegiatan Ekstrakurikuler
Kegiatan ekstrakurikuler diselenggarakan untuk memperkaya wawasan mahasiswa, sehingga diharapkan dapat memberi kontribusi pada kelancaran penyelesaian studi mahasiswa. Pembinaan dan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler baik sebagai pribadi maupun organisasi serta membangun student need (kebutuhan pokok mahasiswa) meliputi:
- Student Ideas & Reasioning (pengembangan penalaran mahasiswa)
- Student Interest (pengembangan minat dan bakat mahasiswa)
- Student Welfare (pengembangan kesejahteraan mahasiswa)
Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan oleh lembaga – lembaga kemahasiswaan yang terdiri dari:
- BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)
- HMJ-MPI (Himpunan Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam)
- LDK (Lembaga Dakwah Kampus)
- Mahatala (Mahasiswa Pencinta Alam)
- LPM (Lembaga Pers Mahasiswa)
- UPTQ (Unit Pengembangan Tilawatil Quran)
3). Keberlanjutan Penerimaan Mahasiswa Baru
Untuk menjaga dan mempertahankan tingkat keberlanjutan (sustainable) program studi perlu mempertimbangkan tiga faktor berikut ini:
- Faktor pembiayaan
Pembiayaan proses belajar mengajar pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam saat ini masih bersumber pada mahasiswa. Program Studi dalam hal ini selalu melakukan evaluasi dan penyesuaian terhadap komponen-komponen biaya dan model pembayaran uang kuliah yang akan datang agar faktor pembiayaan dapat terlaksana secara efisien. Dengan tetap memperhatikan kemampuan dana mahasiswa diharapkan mereka dapat menyelesaikan studi pada jenjang strata satu. Biaya perkuliahan selama empat tahun terakhir dapat dilihat pada tabel di bawah ini:
Rincian Biaya Kuliah Per Semester – Lulus
Per Tahun Angkatan
Sumber Dana |
Jenis Dana |
Jumlah dana (juta rupiah) |
||
TS-2 |
TS-1 |
TS |
||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
PT sendiri | Uang Kuliah | |||
UTS – UAS | ||||
Praktikum | ||||
Yayasan | Uang Pengembangan Gedung | |||
Total |
- Minat
Minat masyarakat terhadap Program Studi Manajemen Pendidikan Islam tampak pada tabel berikut:
Perkembangan Mahasiswa Baru empat Tahun Terakhir
Tahun |
Jumlah Mahasiswa Mendaftar |
Daya Tampung |
Jumlah Mahasiswa yang Diterima |
Jumlah MahasiswaBaru |
2008-2009 |
40 |
40 |
26 |
15 |
2009-2010 |
80 |
40 |
51 |
49 |
2010-2011 |
40 |
40 |
33 |
27 |
2011-2012 |
40 |
40 |
24 |
24 |
Rata-rata |
200 |
160 |
154 |
115 |
Dari tabel di atas tampak bahwa jumlah mahasiswa yang mendaftar di Program Studi Manajemen Pendidikan Islam bersifat fluktuatif. Pada tahun 2008/2009, dimana untuk pertama kalinya melakukan penerimaan mahasiswa baru, jumlah mahasiswa baru=26, sedangkan tahun 2009-2010 jumlah mahasiswa=51. Diantara faktor penyebab terjadinya fluktuasi tersebut, diantaranya:
- Faktor eksternal; adanya persaingan yang ketat antar perguruan tinggi khususnya Perguruan Tinggi UNSUR dengan Kampus terdekat.
- Faktor Internal; adanya pembiayaan yang cukup besar untuk biaya promosi, di samping biaya kuliah di FAI UNSUR relatif lebih murah dibanding dengan Perguruan Tinggi Negeri terdekat.
c. Pelayanan untuk Mahasiswa
Pelayanan tutorial yang bersifat akademik diberikan oleh dosen dan Pembimbing Akademik. Bimbingan diberikan secara kelompok maupun pribadi terutama dalam pemilihan mata kuliah dan masalah lain yang bersifat akademik. Dalam melaksanakan tugas, Pembimbing Akademik dikoordinasikan oleh PD I (bag.akademik) melalui Program studi.
Analisis SWOT Kemahasiswaan
Kemahasiswaan | Strength:
|
Weakness:
|
Oportunity:
|
SO:
|
WO:
|
Threat:
|
ST:
|
WT:
|
- B. LULUSAN
a. Hasil Pembelajaran
1) Berdasarkan visi dan misi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam yakni menyiapkan lulusan yang ahli di bidang Manajemen pendidikan Islam, maka lulusan dari prodi Manajemen Pendidikan Islam diharapkan dapat memenuhi strandar kerja, terutama pada lembaga-lembaga keuangan syari’ah, baik bank maupun non bank..
2) Kompetensi yang dicapai oleh lulusan sesuai dengan harapan bagi pengguna tenaga kerja, walaupun pemanfaatannya masih belum diketahui secara optimal, hal ini lebih disebabkan karena belum memiliki lulusan. Namun untuk mempersiapkan lulusan itu Program Studi Manajemen Pendidikan Islam berusaha meningkatkan kompetensi yang ada lebih berdaya guna dan tepat guna, dan selalu mengusahakan pedekatan dengan pola Link and match.
Analisis SWOT Lulusan
Lulusan
|
Strength:
|
Weakness:
|
Opportunity:
|
SO:
|
WO:
|
Threat:
|
ST:
|
WT:
|